Proyek ini dirancang oleh delapan belas studio arsitek dari seluruh dunia dengan tujuan menyatukan bintang-bintang terkenal internasional, dan arsitek muda lokal. Namun perhatian utama adalah terbuka terhadap kreativitas bakat lokal dengan Strelka KB bertindak sebagai perantara proyek serta menjalankan fungsi konsultasi. Untuk memanfaatkan asal usul ahli yang beragam, proyek ini dibagi menjadi beberapa bidang kegiatan, yang awalnya ditentukan oleh Arsitek Strelka. Sepanjang proses perancangan jalan lingkar, ruang-ruang utama dikembangkan oleh arsitek internasional dan Rusia. Ruang-ruang ini dipilih sesuai dengan kegunaan umum mereka, yang muncul, seringkali secara spontan, sebelum renovasi, dan juga dengan maksud untuk meningkatkan intensitas penggunaan perkotaan yang baru diperoleh. Sementara itu, bagian-bagian diidentifikasi untuk berbagai kegunaan sehingga fungsi kompleks yang lengkap dapat diperkenalkan di sepanjang jalan lingkar, mulai dari angkutan umum, mobil pribadi, tempat parkir, zona pejalan kaki, serta area teknis dan layanan bawah tanah.
Salah satu aspek yang tak terbantahkan dari proyek ini adalah dampaknya yang besar dalam hal perluasan kota: 111 hektar untuk menciptakan tiga belas ruang publik baru, memperkenalkan delapan jalur transportasi umum baru, dan menyoroti nilai 196 elemen sejarah. Dua puluh persimpangan jalan baru telah dibuat, dan ini termasuk rencana untuk alun-alun dengan kehadiran tanaman hijau yang baik, seperti halnya dengan stasiun bawah tanah Krasnye Vorota. Intervensi telah berhasil mengembalikan kejayaan jalan raya hijau sebelumnya dan menawarkan ruang yang ramah bagi penduduk lokal dan pejalan kaki. Garden Ring baru telah mulai memainkan peran perkotaan dalam menarik berbagai bisnis. Bank dan kantor menyerahkan sebagian dari ruang lantai dasar mereka ke sejumlah besar toko baru. Penanaman pohon skala besar telah menstabilkan efek gelembung iklim dengan meminimalkan jumlah debu di jalan raya dan berkontribusi dengan menghasilkan oksigen. Paving permeabel dengan batu granit menghindari banjir dan memperbaiki drainase, sekaligus mengurangi konsekuensi dari fenomena pulau panas perkotaan yang biasanya dihasilkan oleh aspal. Akhirnya, kembalinya Garden Ring telah membuat pusat bersejarah Moskow lebih mudah diakses oleh semua penduduk kota.
Sumber : https://www.publicspace.org/works/-/project/k287-garden-ring-bringing-gardens-back